Apa Yang Terjadi Dengan VGMC

   1. VGMC memecah diri menjadi tiga perusahaan. Yang satu mengurus semua saham kepemilikan emas, yang satu lagi semua saham kepemilikan platina. Yang terakhir semacam mengurus investasi saja.

   2. Dari Panama dipindahkan ke Belize dan British Virgin Island. Ada yang sadar bahwa pindahnya dari cigak ke beruk saja?

   3. Perusahaan yang bernama PCEF mengurus tambang emas atau kepemilikan saham orang berinvestasi dalam emas (bingung memahaminya) sebenarnya perusahaan tambang atau reksadana tertutup, sih? Closed-end fund, itu namanya. Berkaca ke ECMC yang IPO menjadi Lead All Investment Ltd, juga dari tambang emas ke reksadana, does it ring a bell?

   4. Semua saham emas yang dulu ada di VGMC Panama akan ditransfer ke PCEF dan proses itu butuh waktu 60 hari terhitung mulai 1 Oktober. Dividen terakhir yang dibayarkan adalah 30 September sehingga tidak ada lagi dividen hingga Desember. Pertanyaan: uang investor aman? Investor akan merasa aman?

   5. VGMC Panama akan mentransfer saham platinum ke VGMC Belize. Peraturan baru muncul bahwa setiap pemilik saham platinum mesti memiliki minimum 10 ribu saham sebelum 1 Desember.  Kalau tidak bisa mempertahankan jumlah segitu, maka akun akan ditutup. Halllowwww.

   6. Harga saham per Oktober 1 USD dan akan naik 5 sen USD setiap bulan. Kalau gak ada uang sekarang, harus cari uang segera, gitu?

   7. Pemilik saham platinum baru dan normal harus punya minimum 10 ribu saham, yang premier harus 50 ribu.

   8. Bagaimana kalau sudah punya saham platinum tapi masih kurang dari jumlah 10 ribu atau 50 ribu? Jawabannya: genapkan kekurangannya. Kalau tidak 1 Desember harus unsubscribe (kalau menurut mereka artinya pesanan dibatalkan, okelah) dan akun akan ditutup. Artinya, anda harus tetap punya 10 ribu, kan, agar saham anda diakui. Jumlah uangnya = 10.000 lembar x 1 USD, ya, sekitar 100 juta rupiah untuk pemegang saham baru dan 500 juta untuk pemegang saham premier.

Kita khawatir bahwa para investor lugu sedang dijebak untuk menanamkan lebih banyak uang mereka agar dengan begitu muncul ilusi bahwa mereka bisa menutupi kerugian. Lihat saja, mereka disuruh harus punya minimum 10 ribu saham platinum karena kalau tidak maka akun mereka akan ditutup. Sebelum ini sebagian orang telah punya beberapa ribu lembar saham–berarti bebepara puluh juta telah tertanam. Sekarang, mereka harus menggenapkannya menjadi 10,000 USD jika bisa membeli di bulan Oktober ini. Bulan depan naik 5 sen per saham.

Bukankah itu memperdalam lobang jebakan?

Kekhawatiran yang kedua adalah bahwa akhirnya piramida itu akan runtuh. Apa yang akan terjadi kalau uang tidak lagi bisa masuk? Investor tidak bisa lagi menggenapi menjadi 10,000 USD? Aliran uang masuk akan berhenti, bukan? Kemudian perusahaan tidak akan punya uang lagi untuk membayar dividen, bukan? Lalu? Lalu?

Bayangkan saja betapa perusahaan telah sangat aman dengan tidak membayar dividen sejak Oktober hingga November ini. Tindakan itu untuk mengulur usianya supaya lebih panjang dan kalau uang tidak lagi mengalir masuk, bulan Desember adalah saat yang telah ditunggu-tunggu: lari.

Jika itu yang terjadi, kita tidak berani membayangkan saudara kehilangan saudara, teman kehilangan teman. Sungguh tidak berani kita bayangkan.

Sumber info:

http://press.vgmc.com/press-release/ID/2012/10/01/Restrukturisasi-Virgin-Gold-Mining-Corporation-1999-–-2012-/

http://press.vgmc.com/press-release/ID/2012/10/01/CPS-PLATINUM/

http://press.vgmc.com/press-release/ID/2012/10/01/Saham-Prioritas-Konvertibel-CPS-–-GOLD/

No comments: